PRESIDEN JOKOWI PERANGI NARKOBA

H.RM Priyo Handoko SS, Dosen Program Doktor Ilmu Hukum /Fak Hukum dan Syariah UIN Surabaya, Ketua LBH GP Ansor Jatim, Dewan Pembina Silat NU Pagar Nusa

Komitmen Presiden Jokowi untuk perang terhadap Narkoba dan menyatakan Indonesia dalam keadaan darurat narkoba adalah keputusan Presiden Jokowi yang bagus.  Hal ini harus didukung oleh segenap komponen bangsa Indonesia baik Militer, Sipil dan seluruh lapisan masyarakat. Dampak narkoba sangat dahsyat dalam hal perusakan mental bangsa Indonesia. Kerugian terbesar dampak narkota bukan hanya mareriil saja, akan tetapi dampak yang paling membahayakan masa depan bangsa adalah rusaknya mental bangsa Indonesia masa mendatang. Daya rusak narkoba terhadap bangsa sangat dahsat.

Terkait dengan eksekusi terhadap putusan hukuman mati bagi terpidana kasus narkoba sangat tepat. Hukuman mati di Indonesia masih eksis dan kiranya belum saatnya dicabut mengingat kondisi bangsa Indonesia masih memerlukan hukuman mati. Pro dan kontra terhadap hukuman mati sangatlah wajar dalam Negara demokrasi seperti Indonesia. Bagi yang kontra, hukuman mati dirasakan melanggar HAM bagi terpidana. Mereka berpendapat hukuman mati sudahtidak sesuai lagi dengan perkembangan jaman dan melanggar HAM. Sah sah saja bagi yang punya pendapat seperti itu.

Pada sisi lain mereka yang tidak menolak hukuman mati di Indonesia, pelaksanaan tembak mati terpidana narkoba adalah hal yang benar. Saya salah satu yang setuju hukuman mati dipertahankan di Indonesia. Terlebih hukuman matri bagi kasus narkoba.

Kita sadar di dunia ini Indonesia tidak hidup sendiri. Indonesia berdampingan dengan Negara lain sebagai tetangga ataupun sahabat. Ada hubungan diplomatic atau Negara yang tidak ada hubungan diplomatic. Prinsip Indonesia hidup diantara Negara-negara lainnya.

Sehubungan  dengan eksekusi tembak bagi terpidana mati kasus narkoba, diantaranya ada warga Negara Belanda dan Brasil. Ada lagi warga Negara Australia yang menunggu giliran eksekusi. Indonesia ditentang oleh Belanda, Brasil juga Australia yang warganya terpidana mati. Biarlah Brasil, Belanda dan Australia menentang Indonesia dalam melaksanakan eksekusi. Eksekusi mati sudah sesuai dengan hokum. Rakyat (DPR) mendukung penuh eksekusi. Teruskan pak Jokowi rakyat mendukung dalam pemberantasan korupsi.

About admin

Saya Priyo handoko dengan aktifitas rutin sebagai Dosen di UIN Surabaya. Beberapa bisnis yang saya jalani saat ini diantaranya adalah Sarang Burung Walet, Kelapa Sawit, Perikanan dan beberapa lagi lainnya.
This entry was posted in Artikel and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.